Pengalaman membuat Tempe

Kenapa Membuat Tempe gagal baunya seperti wc umum?....jawabnya Karena tempe kalau Gagal Busuk ha ha ha..
Aku tidak suka Tempe Tetapi Aku Suka /hobi membuat tempe setiap kali aku membuat tempe selalu penasaran dan kalau tempe yang ku simpan Sukses langsung Ku cicip aku banggaa bisa bisa bikin tempe .

dari beberapa praktik aku membuat tempe Akan ku Catat disini aku tidak mau menjelaskan secar Ilmiah memakai Bahasa latin Pret lah ...

Singkatnya sebagai berikut :
Tempe akan jadi Apabila Petani jamurnya  menyiapkah Lahan Tanamnya Secara tepat ?
Setelah itu Pemantauan pertumbuhan Jamur tempe tersebut ini erat hubunyannya dengan suhu yang selalu berubah-ubah .

Jamur tempe tidak tumbuh Apabila media /lahan Tanamnya lengket basah beda halnya kalau kitaa nanam Sayur Kangkung /genjer.

Jamur tempe Akan cepat Tua dan busuk bahkan tidak sanggup hidup apabila pada suhu tinggi dan ini tejadi pada saat penyimpanan tempe .

disini aku tuliskan lankah singkat membuat tempe yang enak untuk sndiri maupun untuk Komersel :
Cara membuat :

1. Kedelai di rendam Air selama 3 hari sampai keluar busa .
2. Rebus kedelai dengan air rendaman kalau air rendaman menyusut silahkan tambahkan air kira2 kedelai terendam semua .Kemudian rebus sengah matang jangan terlalu matang atau lembut supaya kedelai tidak hancur saat pembersihan kulitnya nanti .
3.  Lepaskan Kulitnya diinjak2 atau diremas pastikan kedelai terbelah dan kulitnya terbuang  dan mata kedelai yang kecil bakal tunas itu bila perlu terlepas ssupaya tempe hasilnya tidak paahit.
4. kalau kedelai sudah bersih dimasak kukus supaya mengurang kadar airnya dan kedelai steril.
5 . setelah di masak kukus di angin2kan supaya dingin .
6 setelah dingin tingan campurkan ragi secukupnya kalau kebanyakan ragi jamur tidak tumbuh sempurnya dan tempe cepat jadi lalu cepat tua dan busuk. pahit..
dalam hal ini Kita tidak boleh takut kurang pemberian ragi 1kg kedelai cukup satu sendok makan Ragi .Tipnya sebelum ragi di campur silahkan jemur sebentar dan boleh juga dicampur tepung supaya mudah proses mencampurnya .aruk hingga rata kalau pengalaman ku mencampur kan Ragi  kuaduk sampai sampai 10 kali .
6. setelah peragian selesai segera bungkus supaya lalat tidak datang tempe Aman .
7.bungkus dengan plasstik silahkan berkreasi bungkusnya tapi plastik harus di lobangi kecil2 dengan jarak 1,5 cm atau 2 cm . apa bila lobangnya kebanyakan udara akan bebas keluar masuk jamur tempe tumbuh sempurna tapi mudah habis usianya atau menua makanya kalau bisa disiasatin agar tempe b
jadi lambat dan bisa tahan lama tujuan komersil /untuk dijual.

menjual tempe untungnya banyak kalau tidak habis terjual dibagikan tetangga juga kita udah untung.

Aku mengolah Kedelai menjadi susu kedelai yang disukai Anak2 kemudian mengolah Limbahnya menjadi tempe gembus Lumayan hasilnya .

Sobat jangan setres kalau menganggur langsung berkreasi berfikir sederhana jangan muluk2 Langsung Praktik jangan takut gagal kalau berusaha dengan jalan baik gagal juga tetep baik .
kalau Kita tidak suka tempe Maka tempe diJual uangnya untuk beli Sayur kangkung .. Beres kan

selamat mencoba dan kalau ada kendala urusan tempe selahkan tingalkan komentar sebisanya kubantu,
usah tempe modal 100rb bisa jadi 200untung bersih seratus Ribu .
modal kedelai 8ribu/kg maka 10kg kdelai harga 80ribu jika direndam menjadi 20 kg . maka perhitungan haarga jual menjadi rp 1000/ons .. silahkan buat tempe ukuran yang besar supaya irit plastik/bungkus 10kg kedelai bisa jadi 2 tempe bila ukuran tempenya sebesar 50cm persegi gede banget tempenya .


Komentar

Baca juga yang ini Boss ku..

Cara unistall NOX Player

Membuat dan bergabung group smule

Arti Kata kemarok atau kemaruk